PURBA, KAROLINA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI INDONESIA DI SMK BM SINAR HUSNI T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141057 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 7131141057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. NIM. 7131141057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
4. NIM. 7131141057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 7131141057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 7131141057 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7. NIM. 7131141057 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 7131141057 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7131141057 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM. 7131141057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 7131141057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Korespondensi Indonesia siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar; 2). Pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar Korespondensi Indonesia siswa kelas X SMK BM Sinar Husni, Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 140 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP 1 (Eksperimen I ) yang berjumlah 35 orang dan X AP 3 (Eksperimen II) yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogorov Smornov dengan kriteria thitung> ttabel pada taraf α = 0,05 dan uji homogenitas menggunakan uji F(Levene) dengan kriteria Fhitung > Ftabel pada taraf α = 0,05, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji partial (t) dengan kriteria pengujian adalah t hitung> t tabel dan menggunakan uji simultan (F) dengan ketentuan F hitung> F tabel pada taraf α = 0,05.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung eksperimen I adalah sebesar 3,608 dengan ttabel sebesar 1,689. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel (3,608>1,689) dengan signifikan α 0,000 < 0,05. Nilai thitung eksperimen II adalah sebesar 2,486 dengan ttabel sebesar 1,689. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel (2,486> 1,689) dengan signifikan 0,003< 0,05.Nilai Fhitung adalah sebesar 7,854. Sedangkan Ftabel dihitung dengan ketentuan yaitu taraf signifikansi 95% dan taraf α 0,05, serta derajat kebebasan (dk) dengan ketentuan n-3 = 70-3 = 67. Dengan ketentuan tersebut diketahui nilai Ftabel sebesar 3,13. Dengan demikian nilai Fhitung = 7,858 dikonsultasikan dengan Ftabel = 3,13 sehingga didapat nilai Fhitung = 7,858>Ftabel = 3,13.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa : ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Explicit Instruction dan Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi Indonesia kelas X SMK BM Sinar Husni Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 019 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INXTUCTION, MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY, HASIL BELAJAR KORESPONDENSI INDONESIA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:03 |
Last Modified: | 06 Mar 2018 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28570 |