Simorangkir, Gogo Syahputra (2017) HUBUNGAN MINAT MASUK SMK DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR DASAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK YAYASAN PERGURUAN DHARMA KARYA BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5123121010. COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02. NIM. 5123121010. VALIDITY SHEET.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
03. NIM. 5123121010. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
04. NIM. 5123121010. PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
05. NIM.5123121010. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
06. NIM.5123121010. LIST OF ATTACHMENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
07. NIM.5123121010. LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
08. NIM.5123121010. LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
09. NIM. 5123121010. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM. 5123121010. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM. 5123121010. BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besarnya Hubungan Antara Minat Masuk SMK Dengan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar (2) Besarnya Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar (3) Besarnya Hubungan Antara Minat Masuk SMK Dan Kecerdasan Emosional Secara Bersama-sama Dengan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Lokasi penelitian di SMK YP. Dharma Karya Beringin. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 47 siswa pada siswa kelas X Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik total Sampling, dengan sampel penelitiannya diambil secara keseluruhan = 47 siswa dengan taraf signifikan 5 %. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat Masuk SMK dan Kecerdasan Emosional. Sedangkan untuk variabel hasil belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar dijaring dengan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan deskriptif korelasional, persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, untuk uji hipotesis dilakukan uji koefisien korelasi antar variabel, dan dengan korelasi product momen, uji Korelasi Parsial dan Korelasi Ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara Minat Masuk SMK Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar sebesar rhitung > rtabel yaitu 0,978 > 0,288 dan besar (31,45> 2,69) pada taraf signifikansi 5%. Dan terdapat korelasi antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar Mesin sebesar rhitung > rtabel yaitu 0,910 > 0,288 dan besar (14,72 > 2,69) pada taraf signifikansi 5%. Dengan Fh > Ft atau 3129,7 > 3,21 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi antara variabel Minat Masuk SMK (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2) dengan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar (Y) yaitu : Ŷ = 4,6 + 0,76 X1 + 0,2 X2 adalah berarti pada α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis bahwa terdapat: (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat Masuk SMK dengan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Y.P Dharma Karya Beringin (2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Y.P Dharma Karya Beringin (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat Masuk SMK dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Y.P Dharma Karya Beringin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 008 |
Keywords: | Minat Masuk Smk; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28558 |