Manik, Tonggo Raja (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DOLOK SANGGUL T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 5133121032 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2 NIM 513121032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3 NIM 5133121032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4 NIM 5133121032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
5 NIM 5133121032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6 NIM 5133122032 TABLES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7 NIM 5133121032 ILLISTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 NIM 5133121032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM 5133121032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13 NIM 5133121032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14 NIM 5133121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif (berupa nilai pre test dan Post test) pada siswa kelas X Program keahlian teknik pemesinan, dimana kelas X TP1 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dan TP2 sebagai kelas eksperimen dengan memberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran Studet Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran mekanika teknik dengan pokok bahasan besaran, hukum newton dan gaya pada kontruksi sederhana. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Hasil analisa data kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa saat pre test = 40,37 dan saat post tes = 85,06 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata siswa saat pre tes = 46,53 dan saat post tes = 78. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh Lhitung < Ltabel, Fhitung < Ftabel. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (7,38 > 1,670) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran STAD dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 009 |
Keywords: | Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar Mekanika Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 03 Mar 2018 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28555 |