Panjaitan, Inton Dolly (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321004 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 4133321004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM 4133321004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4133321004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM 4133321004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM 4133321004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 4133321004 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4133321004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4133321004 CHAPTERS I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM 4133321004 CHAPTERS V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4133321004 BILBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Induktif terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi teori kinetik gas di kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 15 Medan T.P 2016/2017
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas yang diambil dengan teknik random sampling yaitu XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang yang diberikan perlakuan model pembelajaran Induktif dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen penelitian berupa pilihan berganda sebanyak 12 soal
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 46,97 dan 53,1, analisis uji normal, homogen, dan uji t dua pihak menunjukkan kedua kelas berdistribusi normal, homogen dan berkemampuan awal sama. Hasil postest kelas eksperimen adalah 63,93 dan kelas kontrol 54,7. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel hal ini menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran Induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas di kelas XI IPA semester II SMA Negeri 15 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 033 |
Keywords: | Quasi Eksperimen, induktif, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 24 Feb 2018 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28553 |