Sari, Indah Permata (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK N 13 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142016_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 7131142016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 7131142016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
4. NIM. 7131142016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 7131142016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 7131142016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7131142016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7131142016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7131142016_BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM. 7131142016_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 7131142016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK N 13 Medan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Generatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK SMK N 13 Medan T.P 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan yang beralamat di Jl.Seruwai No. 257 Medan Labuhan pada tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK SMK Negeri 13 Medan yang berjumlah 64 orang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambillan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar pre-test dan post-test dalam bentuk pilihan berganda, sebanyak 15 soal, yang diambil dari buku pegangan guru pada pelajaran Akuntansi yang di anggap sudah baku sehingga validitas dan reliabilitas tidak diuji lagi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model Generatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah pre-test sebesar 65.37 dan post-test sebesar 80.18, dalam hal ini hasil belajar yang dicapai oleh siswa menunjukkan hasil yang memuaskan, dimana perubahan nilai terjadi lebih besar dari niai rata-rata kelas kontrol yaitu pre-test sebesar 70.18 dan post-test 76.29. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 1.784 > 1.672 dengan taraf signifikan 95% dan α = 0.05.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan mengunakan metode pembelajaran konvensional di kelas XI AK SMK N 13 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 026 |
Keywords: | Model Generatif, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 24 Feb 2018 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28552 |