Hutahuruk, Abdullah Manap (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA SDN PASAR UJUNG BATU. Masters thesis, UNIMED.
081188830020 abstrak.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
081188830020 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (809kB) | Preview
081188830020 bab I.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
081188830020 bab V.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) menelaah adanya perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang proses pembelajarannya menggunakan strategi bermain peran dengan basil belajar PPKn siswa yang proses pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran kerja kelompok; 2) menelaah adanya perbedaan basil belajar PPKn siswa yang belajar pada pagi hari dengan hasil belajar PPKn siswa yang belajar pada siang hari; dan 3) menelaah adanya interaksi antara strategi pembelajaran dengan waktu belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan di SD Pasar Ujun Batu. Pemilihan sampel yang dijadikan kelas eksperiman dan kelas kontrol dilakukan secara random (random sampling). Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran bermain peran dan kerja kelompok sebagai variabel bebas. Sedangkan variabel terikat adalah basil belajar PPKn siswa.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan basil belajar PPKn siswa. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal strategi pembelajaran dan waktu belajar siswa.Dan hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan strategi bermain peran (IV) = 17,05 dan rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan strategi kerja kelompok (7-2) = 14,10. Selanjutnya rata-rata basil belajar PPKn siswa yang belajar pada pagi hari adalah (X) -= 17,075 dan rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang belajar pada siang hariadalah (X4) = 14,025.Selanjutnya hasil analisis varians strategi pembelajaran dengan waktu menunjukkan hanya Fittung = 1,707 < Frabei = 3,59 sehingga Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan waktu belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Hut p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Bermain |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 23:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2813 |