Marpaung, Steven Brian (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALLY (TAI) DAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X SMKN 5 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123321038 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 5123321038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
3. NIM. 5123321038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4. NIM. 5123321038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM. 5123321038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 5123321038 TABLES.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7. NIM. 5123321038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 5123321038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. NIM. 5123321038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
13. NIM. 5123321038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 5123321038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan model Team Assisted Individually lebih tinggi dibandingkan dengan model Ekspositori pada mata pelajaran alat ukur kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di 2 kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas X TPM1 dengan jumlah 34 siswa, kelas kontrol adalah kelas X TPM2 dengan jumlah 34 siswa. Kedua kelas tersebut yang menjadi subjek dalam penelitian ini, sementara objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model Team Assisted Individually dan model Ekspositori serta hasil belajar alat ukur, pada kompetensi dasar menggunakan alat-alat ukur. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi berupa pemberian tes hasil belajar. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal. Sebelum dilakukan tes di 2 kelas penelitian ini, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda dimasing-masing kelas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Team Assisted Individually sebesar 80,44 dan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Ekspositori sebesar 65,00. Dari daftar distribusi t dengan dk = 66 dan α = 0,05 didapat ttabel = 1,99. Sementara dari perhitungan dengan rumus uji t diperoleh thitung = 6,723. Maka, hipotesis Ha : μ1 > μ2 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Team Assisted Individually lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Ekspositori pada mata pelajaran Alat Ukur Kelas X Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 091 |
Keywords: | MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY, MODEL EKSPOSITORI, HASIL BELAJAR, ALAT UKUR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ212 Control engineering systems. Automatic machinery (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:09 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28045 |