Silalahi, Juandi (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGELASAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS XI TP SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113121026 Cover.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
2. 5113121026 Lembar Pengesahan dan Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
3. 5113121026 Abstrak.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
4. 5113121026 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. 5113121026 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. 5113121026 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7. 5113121026 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. 5113121026 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. 5113121026 BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. 5113121026 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. 5113121026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengelasan siswa kelas XI TP SMK Negeri 1 Balige dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Balige pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan subjek siswa kelas XI TP berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi dan evaluasi. Selanjutnya dari hasil tes awal diperoleh data sebayak 38,71% siswa mendapat nilai tuntas. Dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 72,67 dan ketuntasan klasikal mencapai 64,52%. Sedangkan tes hasil belajar pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 78,39 dan ketuntasan klasikal mencapai 83,87%. Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II, berarti ada peningkatan sebesar 19,35%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pengelasan pada siswa kelas XI TP SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 086 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar pengelasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ836 Hydraulic machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:06 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28040 |