Lubis, Miskah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUESTIONS STUDENS HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5132131007 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM. 5132131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 5132131007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4. NIM. 5132131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM 5132131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 5132131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM.5132131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 5132131007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 512131007 BAB I.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM 5132131007BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 5132131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan di sekolah adalah pembelajaran konvensional yang pada dasarnya menimbulkan kebosanan bagi siswa secara umum. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran diskusi Questios Student Have terhadap hasil belajar dasar Teknik elektronika Dasar siswa kelas X Teknik Audio Video SMK N 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Percut Sei Tuan pada tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TAV SMK N 1 Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling, yaitu kelas eksperimen yang diajari dengan model pembelajaran Questions Students Have adalah kelas X TAV 2 dan kelas X TAV 1 menjadi kelas kontrol (kelas yang diajari dengan metode pembelajaran konvensional). Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar Teknik elektronika Dasar . Skor rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 31,56 dan kelas kontrol sebesar 20,52. Untuk uji normalitas dengan taraf signifikan 0,05 pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0,1036 dan Ltabel sebesar 0,173 karena Lhitung < Ltabel atau 0,1036 < 0,173 maka sampel pada kelas eksperimen pada kategori normal, uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,162 dan Ltabel = 0,173 karena Lhitung < Ltabel atau 0,162 < 0,173, maka sampel pada kelas kontrol dikategorikan Normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,59 dan Ftabel sebesar 1,98 karena Fhitung < Ftabel maka seluruh varian homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan thitung = 23,45 dan ttabel = 2,001. Nilai thitung > ttabel berarti hipotesis diterima dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Questions Students Have lebih tinggi dari hasil belajar yang diajar dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 062 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN QUESTIOS STUDENTS HAVE, HASIL BELAJAR TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 15:02 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28035 |