Sirait, Andilau Yoko (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TIPTL SMK N 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123131004 COVER.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
2. NIM. 5123131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3. NIM. 5123131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4. NIM. 5123131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM. 5123131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6. NIM. 5123131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM. 5123131004 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM. 5113131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. NIM. 5123131004 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13. NIM. 5123131004 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
14. NIM. 5123131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Pengembangan media yang bersifat interaktif pada mata pelajaran dasar dan pengkuran listik, dengan adanya media pembelajaran interaktif ini maka dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan melihat keaktifan siswa mengikuti pebelajaran berlangsung. Selain menambah minat belajar siswa, pengembangan media juga dirasa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan alat teknologi. Dalam medapatkan hasil produk digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas , maka diperlukan penelitian untuk menguji keefektifan produk tersebut. Penilitan dan pengembangangan media pembelajaran yang dikombinasikan dengan Research and Develovment adalah model desain pembelajaran ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate).
Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi, media pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif ini layak untuk digunakan dengan dibuktikan dengan nilai skor 4,3 (Sangat Baik dan sangat layak) dari ahli media dan skor 4,55 (Sangat Baik dan sangat layak) dari ahli materi, serta hasil dari validator ahli praktisi 4,53 (Sangat baik dan sangat layak).Hasil dari pengujian skala kecil dan skala dengan responden yang berasal dari siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, didapatkan rata-rata penilaian sebesar 4,4 (Baik dan Layak) untuk pengujian Skala kecil dan rata-rata penilaian sebesar 4.47 (Baik dan Layak). Hal ini menunjukkan media yang dikembangkan sudah layak untuk dijadikan media dan sumber belajar pada materi menerapkan konsep pengukuran besaran listrik AC pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 059 |
Keywords: | Macromedia Flash 8; Research and Development (R&D); ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 15:01 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28032 |