Simanjuntak, Yusrida (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) SMK SINAR HUSNI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.5133331011 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2.NIM.5133331011 APPROVAL SHETT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3.NIM.5133331011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4.NIM.5133331011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
5.NIM.5133331011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
6.NIM.5133331011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
7.NIM.5133331011 TABLE.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
8.NIM.5133331011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9.NIM.5133331011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
13.NIM.5133331011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
14.NIM.5133331011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap
hasil belajar Dasar Dasar Elektronika (DDE). Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda
pada kedua kelompok penelitian.
Penelitian ini dilakukan di SMK Sinar Husni pada semester satu tahun ajaran
2016/2017. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program Keahlian TIPTL yang
terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kelas 1 TIPTL 1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran ENE dan
kelas 1 TIPTL 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori.
Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5%
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ENE
lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 6,40 > 1,67. Dari perhitungan diperoleh sehingga
diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Dasar Dasar Elektronika siswa yang diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran ENE lebih tinggi dibandingkan siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori kelas X Program Keahlian
Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Sinar Husni.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 056 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES (ENE),MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 15:00 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28029 |