PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL DASAR BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X PROGRAM TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Jodi, Castrovia (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL DASAR BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X PROGRAM TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.   (5113131012) COVER.pdf]
Preview
Text
1. (5113131012) COVER.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 2.   (5113131012) LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. (5113131012) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 3.   (5113131012) ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. (5113131012) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 4.   (5113131012) KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. (5113131012) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5.   (5113131012) DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. (5113131012) DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 6.   (5113131012) DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. (5113131012) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 7.   (5113131012) DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. (5113131012) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8.   (5113131012) DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. (5113131012) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 9.   (5113131012) BAB I.pdf]
Preview
Text
9. (5113131012) BAB I.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 13. (5113131012) BAB V.pdf]
Preview
Text
13. (5113131012) BAB V.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 14. (5113131012) DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. (5113131012) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang diajar dengan strategi Pembelajaran Ekspositori pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang mengikuti kompetensi Dasar dan Pengukuran Listrik yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak kelas, yaitu kelas eksperimen (kelas yang menerapkan strategi Pembelajaran Problem Based Learning adalah kelas X TIPTL2 yang berjumlah 32 siswa serta kelas X TIPTL3 menjadi kelas kontrol (kelas yang menerapkan model Pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 32 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 64 siswa. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar dasar dan pengukuran listrik yang diperoleh untuk kelas eksperimen dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 80,62 dan pada kelompok kontrol dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 74,21. Uji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas Dasar dan Pengukuran Listrik dengan model Pembelajaran Problem Based Learning diperoleh Lhitung sebesar 0,1284 dan Ltabel sebesar 0,1566 karena Lhitung<Ltabel atau 0,1284<0,1566, maka data pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, Uji normalitas Dasar dan Pengukuran Listrik dengan model Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,1386 dan Ltabel = 0,1566 karena Lhitung<Ltabel atau 0,1386<0,1566, maka data pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik diperoleh Fhitung sebesar 1,1836 dan Ftabel 1,7500 karena Fhitung<Ftabel atau 1,1836<1,7500 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian Homogen. Hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t satu pihak diperoleh thitung> ttabel (3,945>1,6697) sehingga Ha diterima berarti Hasil Belajar siswa yang diajarkan dengan strategi Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada Pembelajaran Ekspositori di kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ELK 053
Keywords: Strategi Problem Based Learning, Minat Belajar, hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Dec 2017 14:58
Last Modified: 29 Dec 2017 02:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28026

Actions (login required)

View Item
View Item