Hasibuan, Maimunah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK SWASTA ISTIQLAL DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132141024 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM 7132141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM 7132141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM 7132141024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. NIM 7132141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 7132141024 TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 7132141024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
8. NIM 7132141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
12. NIM 7132141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM 7132141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kearsipan yang
diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions lebih
tinggi dibanding hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model
pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Kearsipan pada siswa kelas X AP SMK Swasta Istiqlal Deli Tua T.A
2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Swasta Istiqlal Deli Tua
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Swasta
Istiqlal Deli Tua yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 50 siswa. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling (secara acak) yang
terdiri dari kelas eksperimen I (X AP I) dan eksperimen II (X AP II) yang masingmasing
populasinya terdiri dari 30 siswa dan diambil penarikan sampel masingmasing
30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah di
uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran
uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus“uji
t”.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan
model pembelajaran Student Team Achievement Divisions = 52,00 dan 86,00 dan
hasil rata-rata pre test dan post test model pembelajaran Cooperative Script =
45,40 dan 77,80 Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar 3,671
sedangakan ttabel sebesar 1,684 pada tarafnyata α=0,05 yaitu thitung>ttabel maka
hipotesis penelitian ini diterima.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Student Team Achievemnt
Divisions lebih tinggi secara signitifikan dari pada hasil belajara kearsipan yang
diajarkan dengan Model Pembelajaran Cooperatve Script pada siswa kelas X AP
SMK Swasta Istiqlal Deli Tua T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 092 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Team Achievement divisions, Cooperative Script, Hasil Belajar Kearsipan |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:13 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27952 |