Gulo, Linda Jernih Hati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SISTEM DOKUMEN KANTOR DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133141053 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 7133141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 7133141053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
3. NIM 7133141053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM 7133141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
6. NIM 7133141053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
7. NIM 7133141053 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM 7133141053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM 7133141053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM 7133141053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. NIM 7133141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Concept Sentence dan Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, untuk mengetahui apakah model pembelajaran Concept Sentence lebih tinggi daripada Explicit Instruction pada Mata Pelajaran Menangani Surat Dokumen Kantor di SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 30 orang dan X AP-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 30 soal pilihan berganda yang telah diuji instrumennya dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 83,17 dengan standar deviasi (SD) sebesar 8,46. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 79,33 dengan standar deviasi (SD) sebesar 8,88. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 -2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 1,846 dan ttabel sebesar 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (1,846 > 1,671) maka hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Concept Sentence dan Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran Concept Sentence lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 50,70% daripada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 48,73% pada mata pelajaran Menangani Surat Dokumen Kantor Kelas X AP SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 081 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE, EXPLICIT INSTRUCTION, DAN HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:08 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27941 |