Afriza, Muhammad Fajar (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2131151021 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 2131151021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
3. NIM. 2131151021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 2131151021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
5. NIM. 2131151021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM. 2131151021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 2131151021 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 2131151021 APPENDDICES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
10. NIM. 2131151021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM. 2131151021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
15. NIM. 2131151021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sampel 40 orang siswa kelas V yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling.Instrumen penelitian menggunakantes menggambar ilustrasi kartun Adit, Sopo, & Jarwo. Teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data uji homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 45,5 dan 46,5 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,5 dan 68,5. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan nilai posttest kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi α = 0,05 dan dk 38 didapat ttabel = 2,024. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 6,9703 > ttabel = 2,024. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap hasil belajar menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan T. A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RUPA 042 |
Keywords: | MEDIA ANIMASI, HASIL BELAJAR,Faktor Internal,Faktor Eksternal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > ND Painting > ND1115 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:10 |
Last Modified: | 15 Dec 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27816 |