Hijratti, Meiliza (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM TOR-TOR NAPOSO NAULI BULUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2133340037 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 2133340037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM. 2133340037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 2133340037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 2133340037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 2133340037 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 2133340037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 2133340037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
12. NIM. 2133340037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM. 2133340037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Nilai-nilai Pendidikan dalam Tor-Tor Naposo Nauli Bulung. Teori yang digunakan pada penelitian ini mencakup teori nilai dan teori pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah tokoh masyarakat Tapanuli Selatan yang berada di Mabar Hilir dan Deli Serdang, dan menjadi sampel penelitian ini yaitu 3 tokoh masyarakat Tapanuli Selatan yang berada di Deli Serdang dan Mabar Hilir.
Dalam pembahasan penelitian ini adapun yang menjadi focus penelitian saya adalah menggunakan teori nilai agama (religious) menurut Abdul (2012:129) dan nilai moral menurut Sutardjo (2011:54). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam Tor-Tor Naposo Nauli Bulung.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tekhnik analisis data. Penelitian ini membahas tentang penjelasan nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalam Tor-Tor Naposo Nauli Bulung agar pelaku tari dan masyarakat mengetahui bahwa didalam sebuah tari juga terdapat nilai-nilai baik yang dapat dijadikan nilai positif didalam kehidupan sehari-hari dan dapat dijadikan sebagai materi guru untuk peserta didik.
Hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa didalam Tor-Tor Naposo Nauli Bulung, terkandung nilai-nilaipendidikan didalamnya yang dilihat dari pola gerak, busana, musik, dan aturan. Nilai-nilai tersebut dikupas melalui nilai agama dan nilai moral yang kemudian dapat dijadikan sebagai sumber informasi kepada masyarakat dan para pelaku tari bahwa terdapat nilai yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran juga dapat dijadikan sebagai materi guru untuk peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 TARI 013 |
Keywords: | Nilai, Pendidikan, Nilai Agama, Nilai Moral, Tor-Tor Naposo Nauli Bulung |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT70 Instrumentation and orchestration |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 15:53 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27786 |