Syafriliandi, Mhd Emi (2017) PENERAPAN TARI GUBANG BERBASIS AUDIO VISUAL BAGI SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 KOTA TANJUNGBALAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2131140031 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
2. NIM. 2131140031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
3. NIM. 2131140031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 2131140031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 2131140031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 2131140031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 2131140031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 2131140031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
12. NIM. 2131140031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. NIM. 2131140031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk melihat apakah media audio visual yang dikemas oleh peneliti sebelumnya bermanfaat bagi kemampuan menari Gubang di kelas X SMK Negeri 4 Tanjungbalai. Penelitian ini juga melihat proses pembelajaran yang dilakukan tersusun dan terstruktur yang berpedoman pada RPP dan Silabus seni tari kelas X SMK.
Penerapan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan landasan Teoritis untuk menjelaskan dan menguatkan tentang judul Penerapan Tari Gubang Berbasis Audio Visual Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Tanjungbalai dengan menggunakan teori Penerapan, teori Pembelajaran, teori Audio Visual, dan teori Kuasi Eksperimen.
Penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang meliputi beberapa aspek yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 4 Tanjungbalai dan dilakukan pada bulan akhir Juli 2017 hingga Oktober 2017. Populasi adalah Siswa Siswi SMKN 4 Tanjungbalai dan sampel Siswa-siswi kelas X SMKN 4 Tanjungbalai. Penelitian ini juga memakai kuasi ekperiment sebagai uji preetest dan postest untk mengatahui kebarhasilan media dalam diterapkan.
Hasil penelitian diketahui bahwa melalui media audio visual proses pembelajaran secara runtut dapat dilakukan, karena langkah-langkah pelajaran tersusun secara terstruktur sesuai dengan RPP dan silabus dalam pelajaran tari Gubang. Penerapan tari Gubang menggunakan audio visual efisien dan bermanfaat bagi pembelajaran tari Gubang di SMKN 4 Tanjungbalai. Hal itu terlihat dari persentase hasil nilai kemampuan menari yang diperoleh oleh siswa menujukkan bahwa penggunaan audio visual 33,30% Sangat Baik, 60% Baik, 6,70% Cukup Baik 0% Tidak Baik lebih rendah dibanding dengan hasil yang tidak menggunakan audio visual l 3,30% Sangat Baik 6,65% Baik 50% Cukup Baik 23,35% Tidak Baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 TARI 026 |
Keywords: | Tari Gubang, Penerapan Tari, Media Audio Visual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M176.5 Radio and television music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M176 Motion picture music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 15:46 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27772 |