Renata, Edward Satya (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113331012 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4113331012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM 4113331012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 4113331012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 4113331012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 4113331012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4113331012 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4113331012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 4113331012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
13. NIM 4113331012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
14. NIM 4113331012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan media Handout terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Stoikiometri di SMA Negeri 2 Kabanjahe kelas X IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Kabanjahe. Pengambilan sampel diambil dengan tehnik random sampling sebanyak 2 (dua) kelas dimana kelas X IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA-4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Handout, dan kelas kontrol diajarkan dengan konvensional menggunakan media Handout. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang valid dan reliabilitas 0,8348 dengan kategori tinggi. Setelah diketahui data terdistribusi normal dan homogen dilakukan pengujian hipotesis peningkatan hasil belajar siswa dan diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 7,405 > 2,005 dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ha diterima dengan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen 0,82 (82 %) dan peningkatan hasil belajar di kelas kontrol 0,72 (72 %). Dimana Ha dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning dengan media Handout berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan media Handout lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan menggunakan media Handout
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 245 |
Keywords: | MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MEDIA HANDOUT, PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA, KONSEP MOL |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 15:42 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27769 |