Oktavia, Sanna (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN NUMBER HEAD TOGETHER DI SMP NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4133311021 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
02. NIM. 4133311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
03. NIM. 4133311021 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
04. NIM. 4133311021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
05. NIM. 4133311021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
06. NIM. 4133311021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
07. NIM. 4133311021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
08. NIM. 4133311021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
09. NIM. 4133311021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
10. NIM. 4133311021 BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14. NIM. 4133311021 BAB V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
15. NIM. 4133311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggi dari pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Number Head Together dikelas VIII SMP Negeri 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan yang berjumlah 184 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian dipilih kelompok siswa yang terdiri dari dua kelas secara cluster sampling, didapat kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Kelas eksperimen I belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan kelas eksperimen II belajar menggunakan model pembelajaran Number Head Together. Instrumen dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest berbentuk uraian (essay test) yang masing-masing sebanyak 4 soal. Sebelum tes diberikan kepada siswa, terlebih dahulu tes divalidkan kepada 3 orang ahli (2 orang dosen, 1 orang guru matematika SMP Negeri 2 Medan) dan dinyatakan valid.
Sebelum dilakukan tindakan, terlebih dahulu dilakukan uji pada pretest untuk mengetahui apakah kedua kelas eksperimen memiliki kemampuan awal yang sama atau tidak. Dari analisis data kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest 64,32 dan standart deviasi 12,20, sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata 65,52 dan standar deviasi 10,06. Dari analisis data skor pretest diperoleh xhitung < xtabel yaitu 1,255 < 11,05 maka disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Uji t digunakan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa, dimana sebelum pengujian hipotesis tersebut terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari hasil analisis diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari hasil analisis data pada posttest diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen I 87,5 dan standar deviasi 10,58. Sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-ratanya 77,82 dan standar deviasi 11,95. Dari hasil uji-t pada taraf
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 195 |
Keywords: | KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS; MODEL TIPE THINK TALK WRITE; MODEL TIPE NUMBER HEAD TOGETHER |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 15:39 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27768 |