Guchi, Putri Iriani (2017) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL (UN) BIOLOGI SMA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133341025 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 4133341025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. NIM. 4133341025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 4133341025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
5. NIM. 4133341025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 4133341025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 4133341025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 4133341025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM. 4133341025 BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM. 4133341025 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM. 4133341025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jumlah dan persentasi soal tertinggi dan terendah pada soal UN berdasarkan Kompetensi pada kisi-kisi ujian nasional, (2) persentase peta kognitif soal UN berdasarkan taksonomi Bloom Revisi pada Tahun Pembelajaran 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa: (1) jumlah dan persentase soal terbanyak pada soal Ujian Nasional Biologi SMA Tahun Pembelajaran 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016 terdapat pada Kompetensi Dasar “Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut”, sedangkan persentase soal terendah terdapat pada Kompetensi Dasar “Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah” dan “menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan”. (2) Petakognitif soal Ujian Nasioanal SMA pada mata pelajaran Biologi dari T.P. 2013/2014, T.P. 2014/2015, dan T.P. 2015/2016 berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dari proses kognitif berturut-turut terdiri dari C1 (15%; 10%; 7,5%), C2 (20%; 22,5%; 25%), C3 (30%; 22,5%; 15%), C4 (25%; 35%; 37,5%), C5 (7,5%; 7,5%; 10%), C6 (2,5%; 2,5%; 5%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 195 |
Keywords: | Analisis; Ujian Nasional; Kisi-kisi UN; Taksonomi Bloom Revisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:55 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27710 |