ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL (UN) BIOLOGI SMA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Guchi, Putri Iriani (2017) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL (UN) BIOLOGI SMA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133341025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133341025 COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133341025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133341025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133341025 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133341025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133341025 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133341025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133341025 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133341025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133341025 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133341025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133341025 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133341025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133341025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133341025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133341025 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133341025 BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133341025 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133341025 BAB V.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133341025  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133341025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jumlah dan persentasi soal tertinggi dan terendah pada soal UN berdasarkan Kompetensi pada kisi-kisi ujian nasional, (2) persentase peta kognitif soal UN berdasarkan taksonomi Bloom Revisi pada Tahun Pembelajaran 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa: (1) jumlah dan persentase soal terbanyak pada soal Ujian Nasional Biologi SMA Tahun Pembelajaran 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016 terdapat pada Kompetensi Dasar “Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut”, sedangkan persentase soal terendah terdapat pada Kompetensi Dasar “Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah” dan “menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan”. (2) Petakognitif soal Ujian Nasioanal SMA pada mata pelajaran Biologi dari T.P. 2013/2014, T.P. 2014/2015, dan T.P. 2015/2016 berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dari proses kognitif berturut-turut terdiri dari C1 (15%; 10%; 7,5%), C2 (20%; 22,5%; 25%), C3 (30%; 22,5%; 15%), C4 (25%; 35%; 37,5%), C5 (7,5%; 7,5%; 10%), C6 (2,5%; 2,5%; 5%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 195
Keywords: Analisis; Ujian Nasional; Kisi-kisi UN; Taksonomi Bloom Revisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:55
Last Modified: 13 Dec 2017 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27710

Actions (login required)

View Item
View Item