PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM POSING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Anggreni, Rahayu (2017) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM POSING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4132111023 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4132111023 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4132111023 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4132111023 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4132111023 ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4132111023 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4132111023 KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4132111023 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4132111023 DAFTAR ISI_doc.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4132111023 DAFTAR ISI_doc.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4132111023 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4132111023 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (2kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4132111023 DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4132111023 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4132111023 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4132111023 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4132111023 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4132111023 BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4132111023 BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4132111023 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4132111023 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4132111023 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang
diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan problem posing pada Materi
Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan tahun ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Medan dan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 1 dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas
eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran problem posing.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes
hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan teorema pythagoras dalam
bentuk objektif tes. Sebelumnya tes ini berjumlah 30 soal, akan tetapi setelah
diujicobakan ke kelas lain di luar sampel penelitian untuk melihat keshahihan tes
terdapat 20 butir soal valid dan 10 butir soal tidak valid. Dari 20 soal yang valid
tersebut terdapat 18 soal yang memiliki tingkat kesukaran sedang dan 2 soal
lainnya memiliki tingkat kesukaran yang sulit. Dari 20 soal tersebut terdapat 7soal
yang memiliki daya beda baik, 11 soal sedang dan 2 soal sulit. Soal yang dipakai
sebagai instrumen penelitian adalah soal yang valid dengan tingkat kesukaran
sedang sebanyak 18 soal yang memiliki daya beda baik dan sedang, sedangkan
soal yang tidak valid dan yang memiliki daya beda jelek dibuang. Sebelum
pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas hasil data tes dengan
menggunakan uji Liliefors kemudian diuji homogenitasnya dengan mengunakan
uji F. Dari pengujian ini diperoleh bahwa hasil data tes berdistribusi normal dan
homogen.
Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis menggunakan uji t
diperoleh (2,747 1,996) (0,975)(73) t  t   hitung sehingga H0 ditolak dan Ha diterima
dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran
inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan problem posing di kelas VIII SMP
Negeri 6 Medan tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 145
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM POSING, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:53
Last Modified: 13 Dec 2017 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27705

Actions (login required)

View Item
View Item