Anggreni, Rahayu (2017) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM POSING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132111023 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 4132111023 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. NIM. 4132111023 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
4. NIM. 4132111023 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
5. NIM. 4132111023 DAFTAR ISI_doc.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
6. NIM. 4132111023 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (2kB) | Preview
7. NIM. 4132111023 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
8. NIM. 4132111023 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. NIM. 4132111023 BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM. 4132111023 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
14. NIM. 4132111023 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang
diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan problem posing pada Materi
Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan tahun ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Medan dan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 1 dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas
eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran problem posing.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes
hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan teorema pythagoras dalam
bentuk objektif tes. Sebelumnya tes ini berjumlah 30 soal, akan tetapi setelah
diujicobakan ke kelas lain di luar sampel penelitian untuk melihat keshahihan tes
terdapat 20 butir soal valid dan 10 butir soal tidak valid. Dari 20 soal yang valid
tersebut terdapat 18 soal yang memiliki tingkat kesukaran sedang dan 2 soal
lainnya memiliki tingkat kesukaran yang sulit. Dari 20 soal tersebut terdapat 7soal
yang memiliki daya beda baik, 11 soal sedang dan 2 soal sulit. Soal yang dipakai
sebagai instrumen penelitian adalah soal yang valid dengan tingkat kesukaran
sedang sebanyak 18 soal yang memiliki daya beda baik dan sedang, sedangkan
soal yang tidak valid dan yang memiliki daya beda jelek dibuang. Sebelum
pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas hasil data tes dengan
menggunakan uji Liliefors kemudian diuji homogenitasnya dengan mengunakan
uji F. Dari pengujian ini diperoleh bahwa hasil data tes berdistribusi normal dan
homogen.
Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis menggunakan uji t
diperoleh (2,747 1,996) (0,975)(73) t t hitung sehingga H0 ditolak dan Ha diterima
dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran
inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan problem posing di kelas VIII SMP
Negeri 6 Medan tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 145 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM POSING, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:53 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27705 |