Sari, Dian Kumala (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SEMESTER I SMK MUHAMMADIYAH 8 MEDAN Y.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121008 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM 4131121008 SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM 4131121008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 4131121008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. 4131121008 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 4131121008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM 4131121008 TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM 4131121033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM 4131121008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM 4131121008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM 4131121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan konseptual siswa
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap
pengetahuan konseptual pada materi pokok suhu dan kalor di kelas XI semester I
SMK Muhammadiyah 8 Medan T.P. 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretes-postes.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 8
Medan. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik
cluster random sampling. Kelas XI TKJ – 1 sebagai kelas ekperimen dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas XI
TKJ – 2 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran
konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar kognitif dalam bentuk pilihan berganda yang disertai pengamatan aktivitas
siswa.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 44,55 dan nilai rata-rata kelas kontrol 39,09. Dari hasil uji beda nilai
kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,641, ttabel = 1,9986.
Karena hitung t < tabel t maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari nilai
pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.
Selanjutnya kedua kelas diberi perlakukan yang berbeda. Setelah pembelajaran
selesai pada kedua kelas dilakukan postes. Dari hasil pengujian hipotesis dengan
taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 4,3038 dan tabel t = 1,6687. Karena hitung t >
tabel t maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan pengetahuan konseptual akibat pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual pada materi
pokok suhu dan kalor di kelas XI semester I SMK Muhammadiyah 8 Medan T.P.
2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 212 |
Keywords: | Model Kooperatif Tipe Group Investigation; pengetahuan konseptual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:51 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27701 |