Aslamiyah (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA TERHADAP PENYALAHGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI IPS-3 DI SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351018_COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
2. NIM. 1133351018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3. NIM. 1133351018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 1133351018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 1133351018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM. 1133351018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1133351018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
8. NIM. 1133351018_BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
12. NIM. 1133351018_BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
13. NIM. 1133351018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan
konseling kelompok pendekatan realita terhadap penyalahgunaan gadget pada
siswa kelas XI IPS-3 di SMA Negeri 14 Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Agustus s/d Oktober 2017. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan eksperimen kuasi (semu) dengan jenis Pre test-post
test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
IPS-3. Subjek ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak
8 orang yang berasal dari kelas XI dengan sampel yang heterogen. Data penelitian
ini dikumpulkan dengan menggunakan angket penyalahgunaan gadget berjumlah
30 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis
menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 14,5 dengan
= 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana
14,5 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test penyalahgunaan gadget pada
siswa diperoleh skor rata-rata 77,25, sedangkan data post-test penyalahgunaan
gadget pada siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 108. Artinya skor rata-rata
siswa setelah mendapat layanan Konseling kelompok pendekatan realita lebih
tinggi dari pada sebelum mendapat layanan konseling kelompok pendekatan
realita. Layanan konseling kelompok pendekatan realita memberikan kontribusi
sebesar 38% terhadap penurunan penyalahgunaan gadget pada siswa SMA Negeri
14 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 063 |
Keywords: | Konseling Kelompok, Pendekatan Realita, Penyalahgunaan Gadget |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:49 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27697 |