PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA TERHADAP PENYALAHGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI IPS-3 DI SMA NEGERI 14 MEDAN

Aslamiyah (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA TERHADAP PENYALAHGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI IPS-3 DI SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133351018_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133351018_COVER.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133351018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133351018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133351018_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133351018_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133351018_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133351018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133351018_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133351018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133351018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133351018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133351018_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133351018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133351018_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133351018_BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1133351018_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1133351018_BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133351018_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133351018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan
konseling kelompok pendekatan realita terhadap penyalahgunaan gadget pada
siswa kelas XI IPS-3 di SMA Negeri 14 Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Agustus s/d Oktober 2017. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan eksperimen kuasi (semu) dengan jenis Pre test-post
test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
IPS-3. Subjek ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak
8 orang yang berasal dari kelas XI dengan sampel yang heterogen. Data penelitian
ini dikumpulkan dengan menggunakan angket penyalahgunaan gadget berjumlah
30 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis
menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 14,5 dengan 
= 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana
14,5 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test penyalahgunaan gadget pada
siswa diperoleh skor rata-rata 77,25, sedangkan data post-test penyalahgunaan
gadget pada siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 108. Artinya skor rata-rata
siswa setelah mendapat layanan Konseling kelompok pendekatan realita lebih
tinggi dari pada sebelum mendapat layanan konseling kelompok pendekatan
realita. Layanan konseling kelompok pendekatan realita memberikan kontribusi
sebesar 38% terhadap penurunan penyalahgunaan gadget pada siswa SMA Negeri
14 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BK 063
Keywords: Konseling Kelompok, Pendekatan Realita, Penyalahgunaan Gadget
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:49
Last Modified: 13 Dec 2017 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27697

Actions (login required)

View Item
View Item