Lumbantoruan, Abadi Oktaviamus (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DENGAN MODEL KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LINTONGNIHUTA TP 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113141001 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM 4113141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM 4113141001 BIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM 4113141001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. NIM 4113141001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM 4113141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 4113141001 TABLES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM 4113141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. NIM 4113141001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10. NIM 4113141001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM 4113141001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
15. NIM 4113141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Word Square dengan model konvensional terhadap hasil belajar
siswa pada materi pokok struktur dan fungsi tubuh tumbuhan di kelas VIII SMP
Negeri 3 Lintongnihuta Tahun Pembelajaran 2014/2013. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 180 orang. Sampel penelitian ini
berjumlah 60 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive
sampling, kelas VIII2 berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII3 berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan desain post-test dan instrumen pilihan berganda. Kelas
eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe word square dan
kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis
data diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 81,8 dengan
standar deviasi 21,95, dan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 68,6
dengan standar deviasi 8,66. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t
dengan taraf signifikan α = 0,05 dimana thitung > ttabel (4,375 > 2,002) yang berarti
dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini,
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square dan hasil belajar
siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pokok sturuktur
dan fungsi tubuh tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 3 Lintongnihuta Tahun
Pembelajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 225 |
Keywords: | Perbedaan; Model Pembelajaran Kooperatif; Word Square; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QK Botany > QK900 Plant ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:49 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27696 |