Mianora, Cici (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT KEC.PERCUT SEI TUAN KAB.DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311119_COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM. 1133311119_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3. NIM. 1133311119_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 1133311119_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 1133311119_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1133311119_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 1133311119_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 1133311119_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 1133311119_BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 1133311119_BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 1133311119_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan
model pembelajaran Example Non Example dapat meninggkatkan hasil belajar
siswa pada Mata Pelajaran IPA pada materi Struktur Bumi di kelas V SDN
101772 Tanjung Selamat Kec. Percut Sei Tuan Kab.Deli serdang T.A 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri
dari dua siklus, subyek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V SD Negeri
101772 Tanjung Selamat yang berjumlah 23 orang, yang terdiri dari 13 orang
laki-laki dan 10 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model
Example Non Example. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian
tes dan observasi. Tes yang diberikan berbentuk soal pilihan berganda yang
dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada pre test, post test Siklus I dan Siklus II.
Hasil penelitian dengan menggunakan model Example Non Example pada
pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar siswa yang berjumlah 23 orang siswa. Dari hasil
pre test yang diberikan kepada 23 orang siswa. Diperoleh tingkat ketuntasan
klasikal 34,78%, kemudian dilakukan tindakan siklus I dan diperoleh tingkat
ketuntasan sebesar 65,22% yang berarti scara keseluruhan belum mencapai
standar minimal ketuntasan belajar, hasil tes pada siklus II diperoleh tingkat
ketuntasan belajar siswa sebesar 91,30% hal ini menunjukkan bahwa setelah
melakukan siklus II dan dinyatakan bahwa mencapai ketuntasan klasikal ≥ 70%.
Rata-rata nilai pada saat pretes adalah 63,26 meningkat setelah dilakukan tindakan
post tes pada siklus I menjadi 71,52 dan setelah dilakukan tindakan kembali
pemberian post test siklus II meningkat menjadi 81,52. Dalam observasi siswa
pada siklus I 69,40%, dan pada siklus II mengalami peningkatan 80,12%.
Penerapan model pembelajaran Example Non Example dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur lapisan
bumi di kelas V SD Negeri 101772 Tanjung selamat T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 245 |
Keywords: | Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:46 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27693 |