Tamba, Sri Rejeki (2017) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111050 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM 4133111050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM 4133111050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
4. NIM 4133111050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM 4133111050 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 4133111050 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 4133111050 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM 4133111050 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM 4133111050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
13. NIM 4133111050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 4133111050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kemampuan koneksi matematis siswa kelas
VIII SMP Negeri 6 Medan masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang
signifikan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Medan T.A. 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 6
Medan T.A. 2017/2018 yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan
secara acak dengan metode random sampling. Banyak sampel dalam penelitian ini
terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII-C dan kelas VIII-D. Kelas VIII-D sebagai
kelas eksperimen dengan pembelajaran pendekatan kontekstual dan kelas VIII-C
sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran pendekatan konvensional. Jumlah
siswa pada masing-masing kelas adalah 35 orang siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 4 soal tes kemampuan
koneksi matematika yang telah dinyatakan valid.
Berdasarkan data tes kemampuan koneksi matematika, nilai rata – rata di
kelas eksperimen sebesar 73,21, sedangkan nilai rata – rata di kelas kontrol
sebesar 61,5. Dengan menggunakan perhitungan uji hipotesis satu arah, diperoleh
sebesar dan sebesar dengan taraf nyata = 0,05
sehingga . Dengan demikian ditolak dan diterima, artinya
terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan
koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Dari hasil penelitian
dan pengujian hipotesis tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 190 |
Keywords: | Pendekatan Kontekstual; Kemampuan Koneksi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:44 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27690 |