Suryani (2017) MENERAPKAN MODEL HNT UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD IT AR-RAYHAN SCHOOL MEDAN AMPLAS T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111023_COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 1132111023_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM. 1132111023_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 1132111023_PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 1132111023_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 1132111023_TABLE.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
7. NIM. 1132111023_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM. 1132111023_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 1132111023_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM. 1132111023_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 1132111023_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu Masih ada
siswa yang kurang memiliki rasa percaya diri dalam berinteraksi, Siswa sulit
mengeluarkan pendapat dalam proses belajar mengajar, Belum maksismal
dilaksanakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan
menggunakan metode NHT dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa pada
pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makannnya di
kelas IV SD IT Ar-Rayhan School Medan Amplas. Jenis penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2
siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Ar-Rayhan School
Medan Amplas sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa perempuan
dan 15 orang siswa laki- laki. Adapun alat pengumpulan pada saat penelitian
dilakukan yaitu menggunakan lembar observasi percaya diri siswa dan lembar
observasi untuk guru, serta lembar angket percaya diri siswa.
Hasil data yang diperoleh dari kondisi awal angket, terdapat 4 orang siswa
yang percaya diri (13,33%), 26 orang siswa tidak percaya diri (86,66%), yang
mencapai nilai rata-rata (42,5%). pada siklus I terdapat 13 orang siswa yang percaya
diri (43,33%), 8 orang siswa kurang percaya diri (26,67%) dan 7 orang siswa tidak
percaya diri (23,33%), yang mencapai nilai rata-rata (67,44%) dan pada siklus II
terdapat 29 siswa mengalami peningkatan rasa percaya diri (96,67%), 1 orang siswa
kurang percaya diri dengan presentase (3,34%) yang mencapai nilai rata-rata
(83,27%). kemampuan mengajar guru pada siklus I pertemuan I di kelas IV SD IT Ar
Rayhan School Medan Amplas, masih tergolong kurang dengan presentase 58,92%,
siklus I pertemuan II dengan presentase 68,75% masih tergolong kurang, dan
kemampuan mengajar guru siklus II mengalami peningkatan di pertemuan I sudah
tergolong baik dengan presentase 91,07%, pada siklus II pertemuan II tergolong baik
dengan presentase 91,96%.
Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat
meningkatkan rasa percaya diri siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan
penggolongan hewan berdasarkan jenis makannya. Di kelas IV SD IT Ar-Rayhan
School Medan Amplas T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 238 |
Keywords: | rasa percaya diri, nht |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 11:29 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27676 |