Anhar, Zikri Zulchairy (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) DI KELAS V SD NEGERI 060843 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1133311045 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
02. NIM 1133311045 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
03. NIM 1133311045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
04. NIM 1133311045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
05. NIM 1133311045 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
06. NIM 1133311045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
07. NIM 1133311045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
08. NIM 1133311045 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
09. NIM 1133311045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
10. NIM 1133311045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
11. NIM 1133311045 BAB I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
15. NIM 1133311045 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
16. NIM 1133311045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan meggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengingkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V dengan menggunkana model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic di kelas V SD Negeri 060843 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 060843 Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 1 kelas yaitu 30 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan lembar observasi.
Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 060843 Medan menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang berjumlah 30 orang siswa. Dari hasil pre test diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 orang (23,3%) yang tidak tuntas sebanyak 23 orang (76,7%) dengan nilai rata-rata kelas 51,33. Setelah dilaksanakan siklus I diperoleh siswa yang tuntas belajar 24 orang siswa (80%) yang tidak tuntas 6 orang siswa (20%) dengan nilai rata-rata kelas 74,66. Melihat dari hasil perolehan nilai pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada pada siklus II diperoleh siswa yang tuntas belajar 28 orang siswa (93,3%) yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa (6,7%) dengan nilai rata-rata kelas 87,66. Peningkatan hasil belajar dari keadaan awal (pre tes) ke siklus I sebesar 56,67% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,3%. Hasil observasi guru diperoleh pada siklus I pertemuan pertama dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic rata-rata 71,87 tergolong tinggi tindakan siklus II pertemuan kedua diperoleh rata-rata nilai 90,63 tergolong sangat tinggi.
Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 060843 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 241 |
Keywords: | hasil belajar: visualization, Auditory, Kinestetic |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 11:27 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27673 |