Alvisa, Fishyola (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM MENINGKATKAN RASA EMPATI SISWA KELAS XI IPS2 DI SMA NEGERI 20 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131151008_COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. NIM. 1131151008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
3. NIM. 1131151008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM. 1131151008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 1131151008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 1131151008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1131151008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 1131151008_BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
12. NIM. 1131151008_BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
13. NIM. 1131151008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan
konseling kelompok dengan pendekatan behavioral dalam meningkatkan rasa
empati siswa kelas XI IPS2 di SMA Negeri 20 Medan t.a 2016/2017. Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus 2017. Penelitian ini merupakan
penulisan kuantitatif dengan Pre experimental design dengan jenis Pre test-post
test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 .
Sampel di tarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8
orang yang berasal dari kelas XI IPS2 dengan sampel yang heterogen. Data
penulisan ini dikumpulkan dengan menggunakan angket empati berjumlah 35
item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis
menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 10 dengan =
0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 10
> 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test empati diperoleh skor rata-rata
79,37 , sedangkan data post-test empati diperoleh skor rata-rata sebesar 98.
Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok
dengan pendekata behavioral lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan
konseling kelompok dengan pendekatan behavioral. Layanan konseling
kelompok dengan pendekatan behavioral memberikan kontribusi sebesar 23,47%
terhadap peningkatan empati siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 20 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 041 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK, PENDEKATAN BEHAVIORAL,EMPATI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27651 |