Siregar, Ismail Saleh (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK REINFORCEMENT TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA KELAS VIII A TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131151011_COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 1131151011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
3. NIM. 1131151011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM. 1131151011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 1131151011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 1131151011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1131151011_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 1131151011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 1131151011_BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 1131151011_BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM. 1131151011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Layanan
Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioral Teknik Reinforcement
Terhadap Perilaku Membolos di Sekolah Kelas VIII-A SMP Negeri 6 Medan
Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d
September 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain
eksperimen semu dengan jenis Pre test-post test one group design.Subjek ditarik
dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak8 orang yang berasal
dari kelas VIII-A dengan subjek yang homogen.Data penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan angket perilaku membolos berjumlah 34 item pernyataan
yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon.
Dari analisis data diperolehJ hitung = 15dengan = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari
data tersebut terlihat bahwa Jhitung>JTabel dimana 15>4. Artinya hipotesis diterima.
Data pre-test perilaku membolos siswa diperoleh skor rata-rata 116,5, sedangkan
data post-test perilaku membolos siswa diperoleh skor rata-rata sebesar76,25.
Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat konseling kelompok Pendekatan
Behavioral Teknik Reinforcement lebih rendah dari pada sebelum mendapat
konseling kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Reinforcement, konseling
kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Reinforcement memberikan kontribusi
sebesar 52,78% terhadap penurunan perilaku membolos siswa di kelas VIII-A
SMP Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 054 |
Keywords: | Konseling Kelompok; Behavioral; Reinforcement; Perilaku Membolos. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:41 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27640 |