Sulastri, Sri (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA TERBUKA PADA KONSELOR SEBAYA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1131151022 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM 1131151022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
3. NIM 1131151022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM 1131151022 ADNOWLEDMENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM 1131151022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM 1131151022 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 1131151022 LIST OF PIGURE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 1131151022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 1131151022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 1131151022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 1131151022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Apakah media pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan keterampilan bertanya terbuka pada konselor sebaya mahasiswa di Universitas Negerei Medan Tahun Ajaran 2016/2017”? Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan keterampilan bertanya terbuka melalui penggunaan media pembelajaran audio-visual pada konselor sebaya di Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada materi keterampilan bertanya terbuka pada konselor sebaya mahasiswa di Universitas Negeri Medan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam komunitas konselor sebaya di Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2016 / 2017 yang berjumlah 30 orang. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan 2 siklus dan setiap siklusnya memiliki 4 tahapan, yaitu; 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan (Tindakan); 3) Pengamatan (Observasi); 4) Refleksi. Dan di akhir setiap siklus dilakukan evaluasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus mahasiswa konselor sebaya berada pada kategori tinggi sebanyak 15 orang (50%); sebanyak 13 orang (23%) pada kategori sedang, dan sebanyak 2 orang (7%) pada kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan ada 1 orang (3%) mahasiswa konselor sebaya berada pada kategori rendah, 8 orang (27%) berada pada kategori sedang dan 21 orang (70%) berada pada kategori tinggi. Pada siklus II terjadi peningkatan 3 orang (10%) berada pada kategori sedang dan sisanya 27 orang (90%) berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan keterampilan bertanya terbuka pada konselor sebaya mahasiswa di Universitas Negeri medan Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 055 |
Keywords: | Media Audio-visual; Keterampilan Bertanya Terbuka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:41 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27639 |