Misdarwani (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE-BEHAVIOUR THERAPY TERHADAP PENGURANGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 27 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351052_COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 1133351052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 1133351052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 1133351052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 1133351052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 1133351052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 1133351052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 1133351052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 1133351052_BAB I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM. 1133351052_BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM. 1133351052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan
konseling kelompok pendekatan cognitive-behaviour therapy terhadap
pengurangan kejenuhan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 27 Medan Tahun
Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
quasi experimental dan desain pretest-postest one group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IX. Sampel ditarik dengan menggunakan metode
purposive sampling sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas IX-9. Data
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala kejenuhan belajar
berjumlah 36 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data
dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Dari analisis data diperoleh j hitung = 10
dengan = 0,05, adapun j tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa jhitung > jtabel
dimana 10 > 8 artinya hipotesis diterima. Data pretest kejenuhan belajar diperoleh
skor rata-rata 117,8 , sedangkan data postest kejenuhan belajar diperoleh skor
rata-rata sebesar 84,7. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan
konseling kelompok pendekatan cognitive-behaviour therapy lebih rendah
kejenuhan belajarnya dari pada sebelum mendapat layanan konseling kelompok
pendekatan cognitive-behaviour therapy. Layanan konseling kelompok
pendekatan cognitive-behaviour therapy memberikan kontribusi sebesar 39%
terhadap pengurangan kejenuhan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 27 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 064 |
Keywords: | Kejenuhan Belajar, Konseling Kelompok, Pendekatan Cognitive Behaviour Therapy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:37 |
Last Modified: | 08 Dec 2017 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27631 |