Pohan, Damayanthi Khair (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP KARYA BUNDA MEDAN ESTATE T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351034_COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
2. NIM. 1133351034_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
3. NIM. 1133351034_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM. 1133351034_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM. 1133351034_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 1133351034_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 1133351034_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM. 1133351034_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 1133351034_BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 1133351034_BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 1133351034_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling
kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy terhadap kesulitan belajar
siswa kelas IX SMP Karya Bunda Medan Estate T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan
perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek
penelitian adalah siswa yang memiliki kesulitan belajar tinggi di kelas IX SMP Karya
Bunda Medan Estate yang berjumlah 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan
adalah angket yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok
pendekatan cognitive behavior therapy. Teknik analisis data menggunakan uji
wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy terhadap kesulitan
belajar siswa. Terdapat rata-rata pre-test 81% dengan SD 17,14 dan rata-rata post-test
55% dengan SD 8,83. Hal ini menunjukkan terdapat penurunan kesulitan belajar
dengan rata-rata pre-test > rata-rata post test (81>55) dengan kontribusi penurunan
sebesar 32%. Hal ini teruji dengan menggunakan uji wilcoxon yang diperoleh dari
perhitungan dengan hasil Jhitung > Jtabel = ( 23>8). Maka hipotesis yang menyatakan
bahwa “ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive
behavior therapy terhadap kesulitan belajar siswa kelas IX SMP Karya Bunda Medan
Estate Tahun Ajaran 2017/2018” dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 072 |
Keywords: | Kesulitan Belajar, Konseling Kelompok, Pendekatan Cognitive Behavior Therapy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:34 |
Last Modified: | 08 Dec 2017 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27623 |