Khairunisa, Sonia (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP SISWA KORBAN BULLYING KELAS VII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351047_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 1133351047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. NIM. 1133351047_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 1133351047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 1133351047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 1133351047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1133351047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 1133351047_BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
12. NIM. 1133351047_BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
13. NIM. 1133351047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan
konseling kelompok pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy terhadap siswa
korban bullying kelas VII di SMP Negeri 6 Medan T.A. 2017/2018. Jenis penelitian
ini adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan
perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan sampel penelitian. Sampel
penelitian adalah siswa yang menjadi korban bullying di kelas VII-C SMP Negeri 6
Medan yang berjumlah 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket
yang menjaring data siswa yang menjadi korban bullying yang sebelumnya diuji coba
untuk mengetahui validitas dan relibialitas angket. Angket diberikan sebelum dan
sesudah pemberian konseling kelompok pendekatan rasional emotive behavior
therapy. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan
rasional emotive behavior therapy terhadap siswa korban bullying. Terdapat rata-rata
pre-test 95 dengan SD 17,69 dan rata-rata post-test 55 dengan SD 11,87. Hal ini teruji
dengan menggunakan uji Wilcoxon yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil J
hitung = 15 dengan = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa
Jhitung > JTabel dimana 15 > 8. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa “ada pengaruh
pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotive
behavior therapy terhadap siswa korban bullying kelas VII SMP Negeri 6 Medan
Tahun Ajaran 2017/2018” dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 075 |
Keywords: | KORBAN BULLYING, KONSELING KELOMPOK, PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:34 |
Last Modified: | 08 Dec 2017 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27620 |