Fristika, Dinda Zylina (2017) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN CLIENT-CENTERED TERHADAP KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMPN 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151013_COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 1133151013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. NIM. 1133151013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 1133151013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 1133151013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1133151013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1133151013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 1133151013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 1133151013_BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. NIM. 1133151013_BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 1133151013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling
kelompok dengan pendekatan client-centered terhadap keterbukaan diri dalam
komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMPN 2 Percut Sei Tuan tahun ajaran
2016-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan one group pre-test and
post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas VIII-10
yang diambil dengan menggunakan proportionate stratified random sampling.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket keterbukaan diri
dalam komunikasi interpersonal berjumlah 33 item pernyataan yang telah valid
dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis
data diperoleh J hitung = 6 dengan α = 0,05 dan J tabel = 2. Dari data tersebut terlihat
bahwa J hitung > J tabel dimana (6 > 2). Artinya hipotesis diterima. Data pre-test
keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal diperoleh skor rata-rata = 77,42,
sedangkan data post-test keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal
diperoleh skor rata-rata = 109. Artinya skor rata-rata siswa sesudah pemberian
layanan konseling kelompok dengan pendekatan client-centered lebih tinggi
daripada sebelum pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan
client-centered. Layanan konseling kelompok dengan pendekatan client-centered
memberikan kontribusi sebesar 40% terhadap peningkatan keterbukaan diri dalam
komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMPN 2 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 079 |
Keywords: | KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KONSELING KELOMPOK, PENDEKATAN CLIENT-CENTERED |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:33 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27616 |