Damanik, Eska Tachima (2017) KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI DI KELAS XI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351045_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1133351045_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 1133351045_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 1133351045_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 1133351045_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 1133351045_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
6. NIM. 1133351045_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 1133351045_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 1133351045_BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 1133351045_BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
15. NIM. 1133351045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran tentang
komunikasi interpersonal siswa secara umum ditinjau dari variabel jenis kelamin
(laki-laki dan perempuan) dan variabel jurusan (IPA dan IPS) di kelas XI SMA
Negeri 8 Medan tahun ajaran 2017/2018, dan (2) merumuskan program
bimbingan dan konseling terkait komunikasi interpersonal siswa di kelas XI SMA
Negeri 8 Medan tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel
dalam penelitian ini adalah 57 siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan dengan
pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling metode
undian.Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
angket komunikasi interpersonal kemudian dianalisis menggunakan teknik
pengolahan skor dan kategorisasi data. Selanjutnya, hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 8
Medan secara umum dalam kategori sangat tinggi sebanyak 13 orang (23%),
kategori tinggi sebanyak 29 orang (51%),sedang sebanyak 14 orang (25%), dan
rendah sebanyak 1 orang (1%), (2) kemampuan komunikasi interpersonal siswa
kelas XI SMA Negeri 8 Medan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan
perempuan) menunjukan bahwa laki-laki pada kategori sangat tinggi sebanyak 8
orang (26%), tinggi sebanyak 16 orang (46%), sedang sebanyak 9 orang (25%)
dan rendah 1 orang (3%), serta perempuan pada kategori sangat tinggi sebanyak 5
orang (22%), tingi sebanyak 13 orang (56%) dan sedang sebanyak 5 orang (22%),
(3) komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan ditinjau dari
variabel jurusan (IPA dan IPS) menunjukkan bahwa pada jurusan IPA kategori
sangat tinggi sebanyak 6 orang (20%), tinggi sebanyak 15 orang (50%) dan
sedang sebanyak 9 orang (30%), sedangkan pada jurusan IPS kategori sangat
tinggi sebanyak 7 orang (26%), tinggi sebanyak 15 orang (56%), sedang sebanyak
4 orang (15%) dan rendah 1 orang (3%). Berdasarkan data diatas, dirumuskan
program Bimbingan dan Konseling yang memuat program tahunan, semesteran,
bulanan dan program mingguan yang terkait dengan bidang pengembangan
pribadi dan sosial dengan sub bidang komunikasi interpersonal siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 085 |
Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:18 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27610 |