Tambunan, Sartika Sareany (2017) PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA ATRAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ANNISA T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132113011 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 1132113011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
3. NIM. 1132113011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 1132113011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 1132113011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 1132113011 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1132113011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 1132113011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 1132113011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
13. NIM. 1132113011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM. 1132113011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelas B TK ANNISA Medan. Penentuan sampel dilakukan secara Purposive dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak. Variabel bebas adalah permainan ular tangga atraktif sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berhitung anak. Instrumen pengumpulan data pedoman observasi terstruktur. Analisis data menggunakan uji-t. Dengan taraf nyata α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai sesudah perlakuan (eksperimen) 12,73 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 10, sehingga kemampuan berhitung anak memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas sebelum perlakuan 7,06 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 5, sehingga kemampuan berhitung anak memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan permainan ular tangga atraktif berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berhitung anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 40,5> 1,761 pada taraf α = 0.05.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan ular tangga atraktif dapat mempengaruhi kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK ANNISA MEDAN T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 078 |
Keywords: | KEMAMPUAN BERHITUNG:PERMAINAN ULAR TANGGA ATRAKTIF |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:00 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27587 |