Luluk, Elsa Fany (2017) ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311062 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 2133311062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
3. NIM 2133311062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM 2133311062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM 2133311062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM 2133311062 TABLES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM 2133311062 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM 2133311062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
12. NIM 2133311062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13. NIM 2133311062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dampak penerapan model discovery learning terhadap pembelajaran dan kemampuan memproduksi teks prosedur siswa kelas XI SMAN 3 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas XI dan siswa kelas XI, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri (human instrument). Untuk melihat bagaimana dampak penerapan model discovery learning yang dilakukan guru terhadap pembelajaran dan kemampuan siswa dalam memproduksi teks prosedur, digunakan teknik observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel hasil observasi, rangkuman, serta dideskripsikan dalam bentuk analisis data dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan, penerapan model discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur sudah memenuhi seluruh langkah (22 langkah) di dalam enam tahapan model discovery learning, dengan persentase mencapai 91%. Pencapaian tersebut memberi dampak terhadap interaksi yang terjadi antara guru (100%) dan siswa (88%), serta interaksi antara siswa dengan siswa (87%) pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penerapan tersebut juga memberi dampak pada kemampuan siswa dalam memproduksi teks prosedur, yakni 25 dari 40 (62,5%) siswa berada pada rentang 70-84 (kategori baik), dengan nilai rata-rata seluruhnya adalah 73,95. Sesuai hasil persentase penerapan model, seharusnya kemampuan siswa dapat mencapai kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 164 |
Keywords: | DISCOVERY LEARNING, TEKS PROSEDUR, DAMPAK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 14:52 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27425 |