Simamora, Susi Susanti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBABANGUN KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2103311045 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. NIM 2103311045 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3. NIM 2103311045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. NIM 2103311045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. NIM 2103311045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM 2103311045 TABLES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM 2103311045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 2103311045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
12. NIM. 2103311045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
13. NIM. 2103311045 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiriterhadap kemampuan menulistekscerita pendek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 134 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-A yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai.Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulistekseksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran Inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 65,9, standar deviasi = 13,56 sedangkan kemampuan menulistekscerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015 setelah menggunakan model pembelajaran Inkuirimasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 76,25, standar deviasi = 10,43. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 2,64. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=20-1=19 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,09, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 2,64 > 2,09, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulistekscerita pendekoleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 169 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri, Teks Cerita Pendek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 14:51 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27420 |