Siburian, Kristian (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FREE THROW BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI SMK PARULIAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133311023 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 6133311023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
3. NIM. 6133311023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM. 6133311023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 6133311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 6133311023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 6133311023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 6133311023 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 6133311023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. NIM. 6133311023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 6133311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan variasi pembelajaran dan modifiaksi alat pada siswa kelas XI SMK Parulian 1 Medan tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classsroom Action Research) Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Parulian 1 Medan dengan jumlah 30 orang.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus berbentuk penilaian free throw. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan pada tanggal 21 – 28 Agustus 2017.
Berdasarkan tes awal hasil belajar keterampilan free throw 7 siswa telah tuntas (23,33%) dan 23 siswa belum tuntas (76,67%) dengan nilai rata-rata klasikal 23,33. Untuk teknik fase persiapan berjumlah 185, teknik fase pelaksanaan berjumlah 171, fase follow through 165 dengan jumlah keseluruhan teknik adalah 521. Dari penelitian yang telah di lakukan menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 16 siswa dengan nilai setelah dikonfersikan (53,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (46,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata – rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 246,66. Untuk teknik fase persiapan berjumlah 185, teknik fase pelaksanaan berjumlah 183, fase follow through 169, dengan jumlah keseluruhan teknik adalah 537. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 27 (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (10%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata – rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 258,33. Untuk teknik fase persiapan berjumlah 199, teknik fase pelaksanaan berjumlah 186, fase follow through 178 dengan jumlah keseluruhan teknik adalah 563. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui pemanfaatan Variasi pembelajaran Dan Modifikasi Alat Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Free Throw Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 117 |
Keywords: | VARIASI PEMBELAJARAN,MODIFIKASI |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:31 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27345 |