Saragih, Ovienila Wika (2017) SURVEI KESIAPAN GURU-GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP SE-KECAMATAN SILIMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN UNTUK MEMANFATKAN ALOKASI WAKTU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6131111053 COVER.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. NIM 6131111053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM 6131111053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM 6131111053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM 6131111053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM 6131111053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 6131111053 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 6131111053 GRAFICH.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 6131111053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
6. NIM 6131111053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
10. NIM 6131111053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
14. NIM 6131111053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
15. NIM 6131111053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana kesiapan Guru-Guru Pendidikan Jasmani SMP se-Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun untuk memanfaatkan alokasi waktu dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani pada tahun ajaran 2017/2018. Lokasi Penelitian ini adalah SMP se-Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun Penelitian ini dilakukan pada tanggal 4-9 september 2017. Jadi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Silimakuta kabupaten simalungun yang didalamnya terdapat 3 (tiga) sekolah dan 7 (tujuh) orang guru pendidikan jasmani. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Populasi yaitu guru pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Silimakuta kabupaten simalungun yang didalamnya terdapat 3 (tiga) sekolah dan 7 (tujuh) orang guru pendidikan jasmani.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Untuk memperoleh informasi peneliti mengajukan pertanyan dalam bentuk angket/kusioner yang ditujukan kepada guru-guru pendidikan jasmani setiap sekolah yaitu guru-guru pendiidkan jasmani SMP se-Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun. Hasil Penelitian diperoleh bahwa kesiapan mengembangkan silabus dikategorikan “Baik” sebesar 80,9%. Untuk indikator kesiapan membuat rencana pembelajaran dikategorikan “Baik Sekali” sebesar 82,1%. Untuk indikator kesiapan merencanakan strategi pembelajaran dikategorikan “Baik” sebesar 80,3%. Untuk indikator kesiapan menjadi fasilitator peserta didik dikategorikan “Baik” sebesar 75,8%. Untuk indikator melakukan kegiatan pembukaan dalam pembelajaran dikatogorikan “Baik Sekali” sebesar 82,1%. Untuk indikator kesiapan mengembangkan pengetahuan siswa dikategorikan “Baik” sebesar 78,5%. Untuk indikator kesiapan melakukan kegiatan inti dalam pembelajaran dikategorikan “Baik” sebesar 78,5%. Untuk indikator kesiapan membimbing siswa menyimpulkan hasil pembelajaran dikategorikan “Baik” sebesar 76,7%. Untuk indikator kesiapan melakukan penutup pembelajaran dikategorikan “Baik” sebesar 78,5%. Untuk indikator mampu melakukan penilaian diperoleh hasil dikategorikan “Baik” sebesar 73,2%. Untuk indikator mampu melakukan evaluasi hasil belajar peserta didik dikategorikan “Baik” sebesar 78,5%.
Dapat disimpulkan bahwa kesiapan Guru-Guru Pendidikan Jasmani se-Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun untuk memanfaatkan alokasi waktu dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani tahun ajaran 2017/2018 berada pada kategori “Baik” dengan nilai 79,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 121 |
Keywords: | perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:29 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27339 |