Habibi, Ahmad (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODIFIKASI BOLA VOLI DALAM MEMPERBAIKI PROSES BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111004 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. NIM. 6131111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4. NIM. 6131111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
3. NIM. 6131111004 PRFACE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5. NIM. 6131111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
6. NIM. 6131111004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 6131111004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM. 6131111004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9. NIM. 6131111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
13. NIM. 6131111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 6131111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dan Modifikasi Bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 27 orang, terdiri dari 14 orang siswa putra dan 13 orang siswa putri.
Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dan Modifikasi Bola, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (79,16%). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (95,83%). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dan Modifikasi Bola, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (62,50 %). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (95,83%). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 17 siswa (62,97%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa (37,03%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 79.47. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 24 siswa (88,89%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (11,11%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 82.25. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%.
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dan Modifikasi Bola dapat memperbaiki hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 122 |
Keywords: | model pembelajaran penemuan terbimbing, modifikasi bola voli, belajar passing bawah bola voli, |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:29 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27338 |