Azwani, Septi (2017) PENERAPAN GAYA MENGAJAR LATIHAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK PADA SISWA KELAS VII-4 SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133311028 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 6133311028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM. 6133311028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 6133311028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 6133311028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 6133311028 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 6133311028 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
8. NIM. 6133311028 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 6133311028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM. 6133311028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
14. NIM. 6133311028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari jarak pendek melalui gaya mengajar latihan dan pendekatan bermain pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 34 orang, terdiri dari 18 orang siswa putra dan 16 orang siswa putri.
Berdasarkan tes awal hasil belajar keterampilan lari jarak pendek 10 siswa telah tuntas (29,42 %) dan 24 siswa tidak tuntas (70,59 %) dengan nilai rata-rata k 71,68 %. Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran lari jarak pendek melalui penerapan gaya mengajar latihan dan pendekatan bermain , pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (75). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (92,50). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran lari jarak pendek melalui gaya mengajar latihan dan pendekatan bermain, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (60). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (85). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan lari jarak pendek maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 22 siswa (64,70 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (35,30 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 78,32. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 30 siswa (88,23 %) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (11,77 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 82,57. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar latihan dan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 129 |
Keywords: | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ,LARI JARAK PENDEK,Pendidikan Jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:26 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27327 |