EVALUASI DAMPAK PEMBEKALAN GURU KELAS/AGAMA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI KABUPATEN LANGKAT

Siregar, Iriyanto (2007) EVALUASI DAMPAK PEMBEKALAN GURU KELAS/AGAMA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 045020246 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
045020246 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (744kB) | Preview
[thumbnail of 045020246 abstrak.pdf]
Preview
Text
045020246 abstrak.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[thumbnail of 045020246 daftar isi.pdf]
Preview
Text
045020246 daftar isi.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of 045020246 bab I.pdf]
Preview
Text
045020246 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 045020246 bab V.pdf]
Preview
Text
045020246 bab V.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview
[thumbnail of 045020246 daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
045020246 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui garnharan yang objektif dan dampak pelaksanaan pembekalan guru kelas/agama dalam rata pelajaran pendidikan Jasmani di kabupaten Langkat Sumatera Utara.Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan model Screven. Subjek penelitian ini meliputi fasilitator, penyelenggara, peserta pelatihan yaitu guru kelasiagarna yang dibekali untuk mendapatkan kualifikasi guru pendidikan jasmani di SD. Pengurnpulan data dilakukan secara observasi, dokumentasi, wawancara dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif, terhadap masing-masing aspek yang dievaluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelatihan yang diselenggarakan oleh LPMP Medan dinilai baik dan berhasil mencapai sasaran (tujuan) ditinjau dari segi konteksnya, yaitu mengatasi kekurangan guru pendidikan jasmani dan kesehatan di kabupaten Langkat. Dari segi input hasil evaluasi menunjukkan bahwa sumber-sumber Jaya belurn optimal dalam rangka pelaksanaan program ini. Proses berlangsungnya pelaksanaan pelatihan cukup efektif, bila tinjau dari segi manajemen proyek. Sedangkan dar segi produk diketahui bahwa bertambahnya wawasan dan pengetahuan para peserta pelatihan dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan tingakt SD.Dari hasil evaluasi dampak diketahui bahwa para peserta pelatihan (guru kelas/agama) masih tetap mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan dalam melaksanakan tugas sehari-hari yaitu pembelajaran pendidikan kesehatan di tempat bekerjanya. Kernampuan guru kelas/agama dalam menvusun rencana pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan relative sangat baik. Dampak lain dari pelaksanaan pelatihan yaitu terjadinya atmosfir belajar murid SD yang lebih balk dengan terciptanya hubungan guru murid yang akrab dan terbuka. Selain itu terciptanya pembelajaran yang demokratis dan menyenangkan sehingga murid lebih mudah memaharni materi yang disampaikan oleh guru. Para guru kelas/agama melaksanakan penilaian pembelajaran yang transparan dengan criteria yang sudah disepakati serta memiliki sikap positif terhadap perbedaan karakteristik murid.Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi Direktorat Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (Dirgen PMPTK) khususnya Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara yang telah menyelenggarakan program. Pembekalan Guru Kelas/Agama dalam. Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani sebagai alternative solusi dalam mengatasi kekurangan Guru Pendidikan Jasmani di SD.Selanjutnya basil penelitian ini dapat digunakan sebagai kerangka acuan bagi peneliti selanjutnya, khususnya yang berminat dalam melaksanakan penelitian evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.204 Sir e
Keywords: Pembekalan Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religions. Mythology. Rationalism
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 Jun 2016 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2732

Actions (login required)

View Item
View Item