nawati, Rely (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR AKTIVITAS RITMIK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA SMK SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6132111005 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 6132111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM. 6132111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 6132111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 6132111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 6132111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 6132111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 6132111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 6132111005 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
13. NIM. 6132111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
14. NIM. 6132111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar aktivitas ritmik melalui metode demonstrasi pada siswa SMK SWASTA ERIA MEDAN tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 40 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses aktivitas ritmik.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar siklus I yang diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 40 orang siswa terdapat 24 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 60 % dan terdapat 16 orang belum tuntas yaitu sebesar 40%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 40 orang siswa terdapat 34 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 85 % dan terdapat 6 orang siswa belum tuntas yaitu sebesar 15%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian data dapat dikatakan bahwa melalui media metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar aktivitas ritmik pada siswa kelas X SMK ERIA SWASTA MEDAN Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 134 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani,Hasil Belajar,Ritmik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:22 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27316 |