PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2016/2017

Safriani, Devi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 3. RIWAYAT  HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian merupakan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling yang terpilih yaitu kelas XI IPA 2 (sebagai kelas eksperimen) diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI IPA 1 (sebagai kelas kontrol) diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional (pembelajaran langsung). Data hasil belajar siswa yang diperlukan dalam penelitian menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dengan lima option jawaban yang telah divalidasi.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40 dan kelas kontrol adalah 37, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas dan diperoleh Lhitung < Ltabel (0.13 < 0.36) untuk kelas eksperimen dan Lhitung < Ltabel (0.10 < 0.14) untuk kelas kontrol sehingga disimpulkan data pretes dari kedua kelas berdistribusi normal. Fhitung < Ftabel ( 1.35 < 1.85 ), maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen, setelah diberi perlakuan hasil postes kelas eksperimen adalah 83.11 dan kelas kontrol 71.56. Rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama 80.20, pertemuan kedua 82.40 dan pada pertemuan ketiga 84, dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel ( 5.09 > 1.67 ), maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 197
Keywords: Inquiry Training; Hasil Belajar; Aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:17
Last Modified: 22 Nov 2017 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item
View Item