Safriani, Devi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian merupakan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling yang terpilih yaitu kelas XI IPA 2 (sebagai kelas eksperimen) diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI IPA 1 (sebagai kelas kontrol) diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional (pembelajaran langsung). Data hasil belajar siswa yang diperlukan dalam penelitian menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dengan lima option jawaban yang telah divalidasi.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40 dan kelas kontrol adalah 37, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas dan diperoleh Lhitung < Ltabel (0.13 < 0.36) untuk kelas eksperimen dan Lhitung < Ltabel (0.10 < 0.14) untuk kelas kontrol sehingga disimpulkan data pretes dari kedua kelas berdistribusi normal. Fhitung < Ftabel ( 1.35 < 1.85 ), maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen, setelah diberi perlakuan hasil postes kelas eksperimen adalah 83.11 dan kelas kontrol 71.56. Rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama 80.20, pertemuan kedua 82.40 dan pada pertemuan ketiga 84, dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel ( 5.09 > 1.67 ), maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 197 |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:17 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27308 |