Simanjuntak, Eirin Esra Lestari (2007) PENGARUH MODEL PEMBELAJRAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN DI KELAS X SEMESTER II SMAN14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4123121012 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
02. NIM. 4123121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
03. NIM. 4123121012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
04. NIM. 4123121012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
05. NIM. 4123121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
06. NIM. 4123121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
07. NIM. 4123121012 TABLE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
08. NIM. 4123121012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
09. NIM. 4123121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13. NIM. 4123121012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
14. NIM. 4123121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X semester II SMAN 14 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest–posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 14 Medan. Pengambilan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan masing–masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian aktivitas siswa. Berdasarkan hasil perhitungan aktivitas siswa diperoleh hasil observasi aktivitas siswa di kelas eksperimen memiliki peningkatan yang signifikan. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji–t) diperoleh hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memiliki peningkatan yang signifikan daripada hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X semester II SMAN 14 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 200 |
Keywords: | kooperatif tipe group investigation, hasil belajar, aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:16 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27305 |