Hutagaol, Resi Epita Dolores (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER I PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121036 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM 4131121036 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM 4131121036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. NIM 4131121036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM 4131121036 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM 4131121036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 4131121036 TABLE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
8. NIM 4131121036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM 4131121036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM 4131121036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 4131121036 BLIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi elastisitas dan hukum hooke di SMA Negeri 3 Medan T.P 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 3 Medan T.P. 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yaitu kelas eksperimen diterapkan model group investigation dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional (langsung), masing-masing kelas sebanyak 38 siswa. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar berbentuk essai sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator serta lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji wilcoxon sebagai alternatif dengan taraf α = 0,05.
Hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,87 dengan standar deviasi 8,23 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,90 dengan standar deviasi 8,64. Pada hasil uji t 2 pihak untuk data pretes diperoleh -t1-½α < thitung < t1-½α atau -1,99 < -1,49 < 1,99 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen 75,66 dengan standar deviasi 9,33 dan kelas kontrol 65,63 dengan standar deviasi 11,44. Pada proses pembelajaran group investigation dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa, dimana hasilnya mengalami peningkatan sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Nilai postes hanya memenuhi uji homogenitas sedangkan normalitas tidak terpenuhi sehingga dilakukan uji wilcoxon dan diperoleh zhitung = 3,75 > zhitung = 1,64 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model group investigation secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke kelas XI SMAN 3 Medan T.P 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 211 |
Keywords: | Group Investigation; Hasil Belajar; Aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:09 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27295 |