Simamora, Diana Melisa (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121007 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. NIM 4131121007 SHEET.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM 4131121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM 4131121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
5. NIM 4131121007 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM 4131121007 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM 4131121007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM 4131121007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. NIM 4131121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM 4131121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
14. NIM 4131121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pengetahuan Konseptual siswa pada materi pokok pengukuran
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Pancur Batu yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X MIA 1 dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan kelas X MIA 2 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes dan disertai dengan pengamatan sikap, keterampilan dan aktivitas.
Data rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 44,861 dan 41,388. Hasil uji beda dengan menggunakan uji t dua pihak diperoleh th = 1,560 < tt = 1,994, artinya kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Selanjutnya nilai rata-rata postest kelas eksperimen 75,138 dan kelas kontrol 59,305. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian uji hipotesis dengan uji t satu pihak memberikan bahwa th = 6,901 > tt = 1,667 berarti Ha diterima yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 217 |
Keywords: | Quasi Eksperiment ;Group Investigation;pengetahuan konseptual ;konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:06 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27290 |