Sibarani, Minerva (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121027 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM 4131121027 SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 4131121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4131121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 4131121027 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 4131121027 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM 4131121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
8. NIM 4131121027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. NIM 4131121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
13. NIM 4131121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM 4131121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hokum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 12 Medan T.P. 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA Semester I SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas XI-MIA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa adalah tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay. Selanjutnya diberikan perlakuan di kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Dari hasil penelitian diperoleh, nilai rata – rata pretes kelas eksperimen adalah 16,52 dan nilai rata – rata pretes kelas kontrol adalah 15,78. Setelah dilakukan uji normalitas, data nilai pretes masing-masing kelas berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas pada kedua kelas. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata – rata kelas eksperimen 69,37 dan kelas kontrol 61,07, hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 12,25 > 1,668 dan diperoleh data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dengan demikian, keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran inquiry training memiliki pengaruh yang lebih tinggi dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 12 Medan T.P.2017/2018. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan lebih mengoptimalkan pengelolaan kelas khususnya pada saat mengorganisasikan siswa untuk berkelompok agar tidak terjadi keributan di dalam kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 219 |
Keywords: | inquiry training; keterampilan proses sains; elastisitas dan hukum Hooke |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:05 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27288 |